Wednesday 19 October 2016

Ikan Mas Memiliki Kebutuhan Sosial, seperti Kebanyakan Hewan



Aku sudah mengamati melalui jenis eksistensial krisis dengan ikan saya belakangan ini. Aku awalnya punya tiga ikan di dalam tangki, tetapi beberapa bulan yang lalu, dua ikan terkecil mati. Aku menduga bahwa ikan terbesar, yang aku berinama Ricky, mungkin mempunyai peran dalam kematian mereka (dia selalu menjadi pengganggu), tetapi ketidak hadiran mereka meninggalkan saya dengan sebuah dilema. Bagaimana saya harus melayani kebutuhan sosial Ricky, sebagai sisa ikan mas tunggal?

Ikan mas adalah sebuah spesies sosial, tinggal di Beting di alam liar. Di penangkaran, sangat disarankan bahwa mereka harus disimpan setidaknya di pasang, untuk menyediakan persahabatan. Jika Anda menonton ikan dalam tangki, Anda akan melihat bahwa mereka secara teratur terlibat dengan ikan lain. Diperkirakan bahwa ikan soliter, seperti soliter manusia, mungkin mulai menderita depresi dan kelesuan. Di beberapa negara (seperti Swiss), memang sekarang ilegal untuk menjaga ikan mas pada mereka sendiri, karena ini bertentangan dengan undang-undang kesejahteraan binatang.

Walau kita memberi umpan ikan mas super, ia akan bermalas-malasan untuk memakannya, karena selera makannya berkurang disebabkan tidak ada teman yang menemani. Karena ikan juga punya kehidupan sosial yang harus kita perhatikan juga.

No comments:

Post a Comment

Kasih Komentarnya Kawan :)